Adi Shankaracarya


Seorang cendekiawan/penulis Hindu ternama pernah berkata tentang Adi Shankara-Acharya sbb : "Beliau adalah bintang paling cemerlang di langit sanatana dharma".

Wow, sungguh suatu pujian yang sangat tinggi ! Itu adalah karena karya Beliau yang sangat menakjubkan dalam sejarah hidupnya yang singkat (Meninggal pada usia 30-an tahun).

Saat Beliau lahir, hampir seluruh India telah beragama Buddha. Adi Sankara, seorang Brahmana remaja dengan kecerdasan yang istimewa, menuntaskan pendidikan Vedanya, pada pertengahan usia belasan tahun, dan diminta oleh Guru Beliau untuk berkelana membabarkan Dharma.

Beliau melaksanakannya, dengan mengunjungi para pemuka agama, baik Hindu maupun Buddha, untuk mengundang para arif bijaksana tersebut dalam debat Dharma. Dengan perjanjian, bahwa yang kalah akan menjadi murid sang pemenang. Demikianlah, Beliau memulai perjalanan yang berlangsung selama belasan tahun, yang disebut DIGVIJAYA. Perjalanan yang penuh dengan kejayaan.

Saat Beliau berpulang di usia sangat muda, Beliau telah mengembalikan Putra-Putri India kepangkuan SanatanaDharma. Wajah masyarakat Hindu kembali penuh kecermelangan, karena Tuhan telah mengkaruniai seorang Adi Shankaracarya di dunia ini.

Terima kasih O Guru muda nan Agung. Usiamu remaja, namun kedalaman kebijaksanaanmu sedalam Veda. Terima kasih, Terima kasih, ribuan kali terima kasih. Tanpa karya dan perjuanganmu, hari ini Agama Hindu tidak akan seperti ini adanya.