Mohandas Karamchand "Mahatma" Gandhi


Belum pernah dalam sejarah umat manusia, perebutan kemerdekaan suatu bangsa diperoleh tanpa perjuangan perang. Belum pernah, kecuali satu : perjuangan kemerdekaan Bangsa India dari penjajahan Inggris, di pertengahan tahun 1940-an.

Perjuangan tanpa kekerasan, yang didasari ajaran agama Hindu : Ahimsa (tanpa kekejaman), merupakan jalan perjuangan yang dilakukan oleh Bapak kemerdekaan Bangsa India : MK Gandhi.

Dalam setiap langkah kehidupan Beliau, semuanya didasarkan pada kitab suci Hindu. Beliau menjalankan Brahmacari, Beliau sejak muda berpantang daging dan alkohol. Beliau membela Dharma dan kebenaran tanpa takut.

Beliau tidak takut disakiti, tidak takut dihajar, tidak takut dipukul, tidak takut dipenjara. (Beliau disakiti, dihajar, dipukul, dipenjara, dihina, di Afrika Selatan yang Apartheid). Namun Beliau berkata : kita berjuang tanpa menyakiti dan tanpa rasa takut. Keberanian kita adalah keberanian menghadapi hinaan, penjara, pukulan, pentungan, dengan penuh tekad bahwa kita akan terus berjuang sampai berhasil, tanpa membalas memukul-menghina-dan menyakiti.

Beliau selalu membaca Bhagavad Gita untuk memperoleh inspirasi dan memperbaharui keteguhan tekad Beliau. Pada saat Beliau meninggal karena ditembak, saat rebah terjatuh, diujung hembusan nafas terakhirnya, Beliau bergumam : Oo.. Ram (Oo.. Tuhan).

Beliau berpulang tanpa meninggalkan harta benda berharga. Namun Beliau meninggalkan nama harum, yang selama-lamanya turut memberikan nama harum bagi Agama yang mendasari keyakinan dan langkah perjuangan Beliau : Agama Hindu.